Cara Backup Custom Rom Android Menggunakan CWM

November 19, 2015 0 Comments Custom Rom , Trik Dan Tips 3606 Views

Cara Backup Custom Rom Android Menggunakan CWMSolusiandroid.com di kesempatan kali ini akan berbagi sebuah tips / trik mengenai cara Backup Custom Rom Dengan CMW. sebelum menuju langkah langkahnya sobat semua harus mengetahui dahulu apa itu CWM dan CUSTOM ROM, silahkan disimak dahulu pengertiannya di bawah ini.

CWM ( ClockWorkMod )

CWM ( ClockWorkMod ) adalah modding atau modifikasi dari recovery mode pada perangkat dengan sistem operasi Android. Biasanya, para pengguna yang suka mengutak atik perangkatnya menggunakan mode recovery ini untuk menginstall atau meng-custom beberapa hal yang berkaitan dengan sistem, misalnya menginstall dan mengganti jenis font pada perangkatnya, menambahkan fitur quick panel (panel pengaturan praktis) pada status bar, menginstall script -script tertentu, mengubah icon – icon dan masih banyak lagi.

ROM ( Read Only Memory )

ROM ( Read Only Memory ) adalah file system firmware perangkat baik berupa handphone, tablet maupun PC yang OS sudah di kostumisasi oleh developer pihak ke 3 dengan tujuan tertentu dan dengan mengubah firmware resmi-asli (Stock ROM ) bawaan vendor perangkat tersebut.

Nah bila sudah mengetahui pengertian mengenai CWM dan CUSTOM ROM yang sudah mimin jelaskan di atas sekarang saatnya kita membahas mengenai topik yang kali akan kita basas yaitu Cara Backup Custom Rom. Langsung saja berikut ini adalah langkah langkannya :

Cara Backup Custom Rom Android Dengan CWM

PERSIAPAN :

  1. Battery minimal 80% ( Untuk menghindari hal yang tidak di inginkan )
  2. SD CARD kosong minimal 2 GB ( Untuk jaga jaga bila yang di backup terlalu banyak )
  3. Segalas kopi hangat ( Biar gak cepet tua mikir rom 😀 )

 

LANGKAH LANGKAH :

  • Android sobat harus sudah di ROOT. ( jika belum di root silahkan di root terlebih dahulu. cara root dengan mudah bisa menggunakan Aplikasi Framaroot Apk )
  • Instal Aplikasi untuk masuk ke Recovery mode ( Agar lebih mudah bisa menggunakan Aplikasi Quick Rebooter ) atau bisa langsung di akses mengunakan cara masuk Recovery mode sesuai android sobat masing masing.
  • Cara yang akan mimin gunakan untuk masuk ke Recovery mode pada artikel ini mengunakan Aplikasi Rebooter karena menurut mimin aplikasi ini tidak terlalu rumit. silahkan lihat gambar di bawah ini.

Cara Backup Custom Rom Android Dengan CWM

  • Bila sudah di reboot akan secara otomais masuk ke menu CWM Recovery

menu CWM Recovery

  • Jika sudah masuk di menu CWM Recovery seperti gambar di atas layar sentuh pada android sobat tidak aktif, kita hanya bisa memilih menu menu di dalamnya menggunakan Up/Down untuk menggeser dan menggunakan Tombol Power untuk perintah OK.
  • Jika sudah arahkan Block ke backup and restore.
  • Setelah itu klik OK menggunakan Tombol Power
  • Jika sudah klik Backup
  • Silahkan tunggu beberapa menit sampai proses selesai, waktu yang di perlukan tergantung dengan seberapa banyak data yang terinstal pada rom yang akan kita Backup.

Nah itulah bagaimana Cara Backup Rom Menggunakan CWM yang dapat mimin Solusiandroid.com bagikan di kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua, dan jangan lupa kunjungi terus blog Solusiandroid.com untuk mencari solusi solusi terbaik untuk android sobat semua.

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply